Penenun Cepuk Rang-rang

Hai, setelah hampir 2 tahun tak memposting akhirnya sekarang posting juga meskipun terpaut lama dengan postingan terakhir, hehe.

19 Agustus, mengunjungi Nusa Penida-Bali tepatnya Desa Pejukutan, desa Pakraman. Melihat proses pembuatan kain khas disana, Cepuk Rang Rang.

Cepuk Rang Rang adalah kain khas yang berasal dari Nusa Penida, Bali. Kain ini memiliki nilai tradisional juga nilai religius yang biasa dipakai perlengkapan upacara keagamaan. Kain Rang-rang bisa dipakai oleh laki-laki dan perempuan. Kain rang-rang asli tidak bisa dibuat dengan menggunakan teknologi karena harus dirajut menggunakan teknik khusus (kata pembuatnya ada rumusnya).

Berawal dari pemasaran tradisional, informasi dari mulut ke mulut dan lambat laun mulai berkembang sehingga sekarang tidak sulit untuk pemasarannya. Dibuat oleh nenek-nenek yang ada di nusa penida, kain ini banyak diminati oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Awalnya benang untuk menenun kain ini berasal dari kapas yang ditanam oleh para petani dan seiring berkembangnya jaman sekarang untuk benangnya beli dari luar agar mempunyai nilai ekonomi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *